Mimpi Pada Saat Laptop Rusak

Cerita Kali ini
saya ingin bercerita tentang sebuah mimpi,
dimana
Mimpi ini datang ketika Laptop Orang Tua saya Rusak
( Bermasalah )
dan
ketika itu juga harapan ini sudah hilang ( kata-katanya sih gitu ).
yah,
mimpi ini datang ketika laptop Orang Tua saya ini rusak atau bermasalah.
Cerita ini bermula tepat waktu masih SMA,
waktu itu baru dibelikan laptop sama Orang Tua.
Sebagai Pemula,
atau pencinta Komputer
( Ini udah lama diinginkan, tapi baru dibelikan ),
rasa ingin tahu ini selalu datang.
Laptop baru dipake beberapa bulan aja,
sudah
 lebih dari 5 kali
install ulang
( Install sendiri, karena penasaran ).
Install terakhir sebelum laptop ini rusak,
ketika
teman sekelas saya menggunakan windows XP Thailand,
dimana tampilannya ini sangat keren,
sangat baguslah ( kata-katanya seperti itu ).
Pengen jugakan,
akhirnya pergi ke counter,
terus beli dah kaset bajakannya
( disana belum jual yang original sih, lagian kalau ada, pasti mahal. daripada yang mahal, mending yang murah aja, yang sesuai isi kantong anak SMA ).
 setelah dibeli,
akhirnya diinstall sendiri nih
( penasaran ).
setelah di install berhasil.
nah yang jadi awalnya masalah laptop ini muncul
adalah
ketika pada waktu itu dalam CD ini,
ketika BOOT menggunakan CD,
ada banyak pilihan.
Salah satu yang masih teringat jelas adalah MBR.
tidak tahu apa itu,
tapi yang jelas, karena penasaran
saya buka semua pilihan 
( tidak sekali semuanya, akan tetapi dalam hal ini dicoba semua ).
Mulai dari tes-tes console-nya, format partisi,
atur partisi hardisk,
dan 
masih banyak lagi lah
( tidak bisa sebut satu per satu. karena udah lama jadi udah lupa ).
setelah capek juga kotak-katik
tuh
dalam CD waktu pas di boot,
akhirnya
laptop dimatikan.
tidak tahu
konfigurasi apa yang telah dibuat,
tidak tahu apa yang masuk diotak ( sepertinya tidak ada ),
yang penting sudah kotak-katik aja itu sudah senang.
akhirnya ketika laptop ini dihidupkan,
bootnya error ( dengan kata lain windowsnya udah rusak )
mungkin karena melakukan format partisi dan pembagian partisi
atau 
apalah, tidak tahu juga ( waktu itu masih tidak tahu apa-apa ).
akhirnya mau install ulang nih 
( mumpung CD OS-nya punya sendiri ).
Pas mau install,
dilihat hardisknya tidak ada,
padahal dalam laptop itu ada hardisk bawa’an laptop yang 312GB 
( kalau tidak salah, yang pasti 300’an GB ).
mulai lagi buka kotak-katik, tapi tidak dapat.
akhirnya putuskan untuk dibawah ke Counter Langganan,
( Namanya Fantasi ).
Setelah dibawa kesana, dia sendiri tidak tahu kenapa hardisk ini tidak muncul,
akhirnya saya hanya mendapatkan saran dari dia,
yaitu
“Beli Hardiks baru nih baru bisa” 
( tapi dia g’ jual hardisk atau dengan kata lain, kalau mau beli harus pesan dari Palu ).

saya tanya, harganya berapa?
dia jawab
“Kisaran 500’an”.
wah, mulai bingung nih. yaudah,
akhirnya saya putuskan untuk bawa pulang aja tuh laptop
( tidak bayar dong, karena tidak ada yang beres ).
1 pasangkayu di kelilingi pake motor tetangga
( karena tidak di ijinkan bawa’ motor sendiri ),
buat nyari counter Laptop.
sempat dapat 1 tempat,
tepatnya disamping SMA saya.
 akhirnya pergi bawa laptop kesana,
sampai disana saya langsung tanya,
hardisk ini bermasalah,
ketika mau diinstall, hardisknya ini tidak terbaca.
langsung dia membuka laptop tersebut dan mengeluarkan hardisknya
( istiah kasarnya, Perawannya telah diambil sama dia dan garansi pun hilang ).
kemudian di coba di laptop dia menggunaka kabel apalah itu namanya,
yang penting kabel itu digunakan untuk menghubungkan hardisk internal dengan laptop 
menggunakan gaya eksternal
( hahahahahahahahahahahaha ).
setelah dicoba, tidak bisa juga terbaca.
wah, parah.
dia memasang kembali hardisk itu ke laptop tersebut
 dan menyarankan juga agar hardisknya 
itu sebaiknya diganti,
karena hardisknya itu sudah rusak.
yah, putus asa dah.
tapi rasa penasaran itu masih ada,
akhirnya saya pulang dan mencoba berbagai cara
dari CD Windows XP Thailand itu
( Windows Xp yang mungkin telah di modifikasi ).
dengan
membuka apa yang pernah saya buka,
tapi tidak ada yang kena,
perubahan tidak ada yang terjadi,
dan 
semuanya masih sama
( hardisknya masih tidak terbaca juga ).
akhirnya masih seperti dulu,
mau beritahu Ibu saya, tapi takutnya entar diceramahi.
akhirnya laptop disimpan selama bebrapa hari di lemari
tanpa 
digunakan.
pas beberapa hari kemudian itu, saya pulang.
nah setelah pulang, barulah saya ceritakan semua masalah ini,
kemudian harga yang harus dikeluarkan itu berapa,
dan
ibu saya bilang mau beli, tapi tunggu gajian.
yah, sabar aja.
penasaran masih ada, pulang ke Rumah tidak ada hasil buat laptop,
hanya buat kantong aja.
balik lagi ke pasangkayu, sampai disana masih kotak-katik lagi
( karena masih penasaran ).
sampai akhirnya ditemukanlah yang namanya titik dari kelelahan.
berhenti dan berhenti, berharap gajian bisa beli hardisk yang baru.
beberapa malam kemudian
pas laptop sudah tidak digunakan lagi,
saya tertidur,
nah pada tidur inilah Mimpi itu mulai datang.
Saya bermimpi seperti ini nih.
Saya melihat Tuhan saya datang, yaitu Tuhan Yesus.
dari langit IA turun
tepat disebuah jalan di lorong 3 
( lorong yang selorong dengan rumah Orang Tua Saya )
di depan rumah teman saya ( Jiwa saya melihat seperti itu ).
Tuhan Yesus datang dan menyapa semua orang yang
bersama-sama dengan saya disitu.
kita hanya beberapa orang,
tidak terlalu banyak
tapi
orang-orang ini jiwa saya tidak terlalu memperhatikannya.
setelah Tuhan Yesus datang disaya,
tepat didepan saya,
IA memberitahu tentang laptop Orang Tua saya ini,
sekilas tentang MBR,
yaitu bagian hidden parisi
dan
ada lagi ( tapi sudah mulai lupa dengan kata itu ).
( teringat jelas mimpi ini ).
akhirnya, ketika mimpi ini berakhir,
saya bangun dari tidur panjang ini.
dan 
mulai untuk mencoba membuka laptop tersebut lagi
membuka dan fokus pada MBR-nya.
buka bagian help-nya (  masih pake Command )
dan
mencoba bagian yang ada hubungan dengan partisi
dimana pada bagian partisi ini
ada tulisan hidden-nya
( ternyata benar, di MBR ini ada Hidden-nya ).
setelah melakukannya beberapa saat,
laptop langsung saya coba, 
tapi ujungnya masih belum dapat.
akhirnya saya coba untuk yang terakhir pada bagian MBR-nya ini
( ini harapan terkahir ).
setelah percobaan ini saya lakukan,
saya langsung menutup laptop tersebut
dan
menyimpan sampai suasana menjadi tenang.
setelah itu,
seingat saya lebih dari seminggu tersimpan,
akhirnya saya membukanya
dan
mau mencobanya kembali.
tepat pada waktu itu,
CD masih di dalam laptop tersebut.
akhirnya saya tanpa menekan tombol apapun,
laptop ini langsung dibawah ke bagian penginstallan OS
( karena boot awalnya sudah pernah diatur ke CD ).
dengan penuh percaya diri
( seolah-olah tanpa ada masalah ),
saya langsung mengikuti instruksinya,
dan
akhirnya saya dibawah juga ke bagian partisi.
dan 
pada saat itu juga, mau dikatakan Mujizat terjadi
( partisi hardisk saya sudah kembali dengan 1 Partisi penuh )
dan
saya mulai menginstall laptop tersebut hingga selesai
kemudian
menggunakannya seperti biasa.
yah, semuanya berhasil dengan baik
dan
 akhirnya saya langsung menghubungi Orang Tua
kalau laptop ini sudah baik 
dan
syukurlah, karena masalah ini selesai
tanpa harus keluar biaya lagi.
Dari situlah cerita mimpi dimulai,
ketika
Tuhan saya yang datang secara langsung membantu saya
( walaupun hanya sebatas mimpi ).
Dan
Dari situ saya sadar, bahwa Tuhan saya selalu mendukung saya
untuk berada pada jurusan ini
dan
tak pernah meninggalkan saya sedetikpun,
walaupun terkadang yang saya lakukan selalu membuat ia murka.
hingga akhirnya,
sampai sekarang jurusan ini masih saya tempuh,
walaupun banyak pahit yang dirasakan,
tapi
intinya adalah semua punya tujuan terindah yang pasti 
akan dijumpai di depan nanti.
Karena
Tuhan Itu Baik.
All Is Well

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.