Catatan Kehidupan Dari Sebuah Kehidupan

Kali ini aku ingin menulis tentang sebuah catatan kehidupan dari sebuah kehidupan yang sekarang sementara aku jalani, aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan, karena terkadang aku malas untuk memikirkan hal tersebut, tapi inilah catatan kehidupan yang aku miliki saat ini.

Catatan Kehidupan Dari Sebuah Kehidupan – Jakarta, 16 Mei 2017; 21:41

Hari ini aku duduk di sebuah kamar kecil berukuran 2 1/3 x 7 meter, tempat dimana aku menjalani hidup ini dan membentuk banyak sekali catatan kehidupan yang sama sekali tak dapat aku catat satu per satu.

Hari ini adalah hari -3 dari 1 bulan pengujian program skripsi, yang artinya waktu pembuatan program tinggal 27 hari lagi tersisa, sebelum masuk ke dalam inti dari pengujian program yang sesungguhnya.

Dalam masa-masa seperti ini, akhirnya aku sadar, terkadang skripsi ini dapat membuat perut kita terasa kenyang, ngantuk hilang bagai ditelan siang, dan kepala pusing serasa abis diputar 360 derajat secara berulang kali.

Aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan sekarang, intinya ada beberapa hal yang membuat aku terkadang tidak dapat untuk melakukan sesuatu, yaitu pikiranku dan tubuhku, dimana mereka membatasi aku untuk bergerak, sehingga akhirnya aku terkadang tidak dapat untuk melakukan banyak hal.

Aku tahu, aku adalah tuan atas pikiranku maupun tubuhku, oleh sebab itu, terkadang ketika mereka memaksa aku untuk tidak melakukan apa yang katanya atau menurutku perlu untuk dilakukan, aku selalu melawan mereka, walaupun sakitnya aku yang merasakannya, tapi aku tahu dan selalu belajar bahwa sakit bukanlah segalanya dan sakit bukanlah keterbatasan untukku, dan saat dimana aku sakit, saat disitu juga aku tahu Tuhan ada bersama-sama dengan aku, Ia menginginkan aku untuk berdoa kepada-NYA dan meminta apa yang perlu atau harus aku minta.

Aku tidak tahu secara pasti, tapi kata hatiku mengatakan seperti itu, dan aku selalu percaya padanya.

Masa-masa ini aku punya 2 kesulitan, yaitu jika aku duduk terlalu lama, punggungku akan terasa sakit, jika aku melihat terlalu lama, kepalaku terasa sakit dan jika aku berhenti cukup sampai disini, hatiku akan terasa sakit.

Aku tidak tahu hidup ini telah menjadi atau terjadi seperti apa, tapi yang jelas, satu yang aku ketahui ialah:

Jika aku mundur, karmaku ada dibelakangku, dan jika aku maju, takdirku sedang menungguku, jika aku terdiam, waktuku akan berhenti  dan menertawakanku, serta jika aku berpikir seperti ini,  aku tidak tahu aku harus melangkah dan mulai dari mana lagi.

Orang Tuaku membuat aku berpikir bahwa betapa berusahanya mereka untuk membuatku hingga dapat menjadi seperti saat ini, walaupun disetiap menit dan detik kehidupanku, aku selalu membuat mereka merasa resah atau terbebani, tapi mereka masih selalu saja memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan mereka untukku.

Yah, itu yang membuat aku terkadang sakit hati jika aku harus berhenti mengerjakan skripsi dan aku harus berusaha untuk melawan sakitku, karena sakitku tak berkuasa sedikitpun atas diriku, karena aku sendirilah yang merupakan tuan atas mereka, walaupun aku tahu, akupun juga tak berkuasa sedikitpun atas sehelai rambutku, karena Tuhan lah yang berkuasa atasku. Tapi setidaknya, aku berusaha untuk percaya bahwa aku telah diberikan sedikit hak untuk berkuasa atas diriku sendiri.

Malam ini, aku hanya ingin mencatat catatan kehidupan ini, betapa manisnya hidup ini, karena hal seperti ini sangat-sangat tidak saya inginkan, tapi jika hal seperti ini telah terjadi, aku tahu satu hal bahwa semua yang terjadi tidak pernah terjadi begitu saja, pasti ada alasan, dan jika hari ini aku masih belum bisa mendapatkan alasan tersebut, maka aku yakin dan percaya bahwa besok aku pasti akan dapat mengetahui alasan tersebut dan jika besok aku masih belum bisa mendapatkannya, maka mungkin lusa sampai seterusnya, sampai dimana waktu yang sesungguhnya mengatakan kepadaku bahwa inilah alasan mengapa harus terjadi seperti itu.

Aku bersyukur hari ini, walaupun aku tahu, terkadang bersyukur tak semudah tutur, tapi beiarlah itu yang mewakili perasaanku saat ini.

Sekian dan salam buat catatan kehidupan hari ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.