Kata Hati

Kali ini aku ingin menulis tentang kata hati, sebuah kata atau bisikan yang terkadang muncul dari dalam hati. Yah, aku tidak tahu dengan cara apa aku harus menjelaskannya, tapi inilah kata hati menurut apa yang terjadi dan menurut apa yang terpikirkan olehku tentangnya.

Kata Hati

Apa itu kata hati? Siapakah ia, yang selalu seoalah-olah berbicara kepadaku, baik dalam tenang maupun kacaunya diri ini. Aku tidak tahu darimana datangnya, yang pasti aku mendengarnya, terkadang aku menginkutinya dan terkadang pula aku mengabaikannya.

Jakarta, 27 Maret 2017

Hari ini aku berada di Kampus, tepat pukul 9’an lewat beberapa menit untuk konsultasi laporan skripsi yang katanya tak kunjung usai. Setelah selesai berkonsultasi, aku memutuskan untuk duduk sebentar dibagian pojokan dari sebuah lorong yang berada tepat di lantai 12 Gedung R dimana fakultas tempat aku kuliah berada.

Setelah duduk beberapa menit, aku memutuskan untuk melanjutkan apa yang pernah terpikirkan olehku, yaitu mencari video-video lucu yang populer dalam bahasa inggris, kemudian meng-upload ulang dengan tulisan bahasa indonesia, karena sangkaku banyak yang mencarinya, dan tentu ini merupakan sebuah keuntungan untukku, karena disamping banyak yang nyari, salah satu hal yang membuat aku ingin melakukannya ialah uang. yah, keutungan yang didapatkan dari setiap video yang banyak dicari ialah uang.

Setelah aku mencari dan mendownload beberapa video, akhirnya aku meng-upload ulang video tersebut dengan judul besarnya aku ubah menjadi bahasa indonesia. beberapa video telah di upload, kini tinggal mencari video lain. Setelah mendapatkan sebuah channel youtube yang terdapat banyak video lucunya, akhirnya aku memutuskan untuk mendownload seluruh isi dari channel tersebut, dan aku melakukannya.

Setelah 2 video selesai, aku melanjutkan untuk men-download 2 video lainnya, dan sementara men-download-nya, aku mengu-upload 2 video yang telah selesai tersebut. selama proses upload, perasaan yang muncul ialah sebuah ketidaknyamanan, dimana kata hatiku seolah-olah berteriak dengan keras untuk tidak melakukan hal tersebut.

Aku sempat bimbang, karena uang dan keuntungan telah menutupi mata hatiku sendiri. akhirnya aku mengabaikannya beberapa menit dan dalam menit-menit tersebut, ia terus dan terus berusaha untuk mengatakan sesuatu kepadaku, seolah-olah apa yang aku lakukan itu tidak seharusnya aku lakukan.

Aku semakin bigung dan tambah bingung, karena aku tidak tahu apa yang harus kulakukan sekarang, karena disamping aku harus tetap berusaha menjadi pribadi yang baik walaupun aku tak baik, hal lain yang menjadi sebuah batu yang menjanggal dalam pikiran ini ialah uang.

Yah, mungkin seperti itu.

Apa itu uang? sebuah kertas yang membuat orang terkadang dapat rendah seperti binatang dan bahkan lebih rendah dari pada sesuatu yang terendah.

Setelah itu, aku berpikir bahwa suara yang muncul dari dalam hatiku ini adalah bukan suaraku, karena suaraku adalah suara yang kubuat, sedangkan ini adalah sesuatu dari lain hal yang tidak pernah dengan sengaja aku buat.

kata hati adalah sesuatu yang sengaja diciptakan dan disimpan pada bagian dalam tubuh ini, agar suatu saat mungkin Yang Menciptakan kita dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan kita, walaupun terkadang kita tidak tahu, apakah itu benar atau tidak.

Yah, karena aku berpikir bahwa kali ini aku harus menuruti kata hatiku, akhirnya aku membatalkan video orang lain yang sementara ku upload dan menghapus video yang telah ter-upload sebelumnya, setelah itu semua download kubatalkan dan kuhapus dan apa yang tersimpan dalam komputerku yang sempat membuatku berpikir bahwa uang adalah tuanku dan aku adalah budaknya, ku hapus tanpa
pikiran yang panjang, dan setelah itu, akhirnya kata tersebut yang selalu datang dalam hati kecilku, tidak muncul lagi dan aku merasa tenang, karena sangkaku bahwa aku telah melakukan suatu hal yang benar.

Yah, mungkin seperti itu, dan setelah semua itu terjadi, akhirnya aku berpikir bahwa manusia seperti apakah aku ini, yang melakukan sesuatu untuk sebuah kesia-siaan.

Aku telah men-download-nya dan aku menghapusnya, ada baiknya jika dari awal aku tak melakukan sesautu apapun tentang hal ini. Mungkin seperti itulah catatan kehidupan untuk hari ini.

Sekian dan salam buat catatan kehidupan ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.