Kehindahan Kehidupan

Kali ini aku ingin menuliskan tentang keindahan dari sebuah kehidupan, sesuatu yang sangat indah dan yang menurutku perlu untuk kutuliskan disini dan agar dinding posting dari blog ini juga tidak terlalu lama terlihat sepi.

Keindahan Kehidupan – Jakarta, 6 Maret 2020

Mungkin ini terlihat munafik atau apapun itu, tergantung bagaimana orang yang membaca menilainya. Tapi inilah yang akan dirasakan (“Keindahan Dari Sebuah Kehidupan”) jika aku berada dalam posisi atau situasi kehidupan seperti ini.

Di suatu waktu aku berangkat ke kantor tempat aku bekerja dan setelah sampai di stasiun tujuan, aku biasanya berjalan ke kantor, ya jaraknya lumayan sih, 10 – 15 Min kalau jalan kaki.
Ya, waktu normalnya seperti itu.

Sementara berada dalam perjalanan, tiba-tiba hujan deras memotong dan menahan langkah kaki ini untuk terus berjalan. Ya, di saat yang sama aku harus mencari sebuah tempat untuk berteduh, entah itu di teras sebuah tokoh, rumah atau apapun itu, termasuk di bawah sebuah pohon yang berdaun lebat, selama air yang mentes dari pohon tersebut tidaklah terlalu banyak.

Ini hal yang menyedihkan sebenarnya, tapi kadang aku menyadari bahwa inilah indahnya kehidupan, karena di saat sama ketika aku menyadarinya, aku bisa merasakan saat-saat yang tidak aku inginkan dan sungguh, betapa indahnya itu.

Ya. “Sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi dalam hidup ini tapi tetap juga terjadi, maka itulah hal yang paling dan yang terindah sebenarnya yang baru aku sadari”.

Dulu aku pernah menulis bahwa:

“Semua yang terjadi dalam hidup ini tidak pernah terjadi begitu saja, semua punya alasan mengapa itu harus terjadi. Baik dan buruknya itu, itulah yang terbaik”.

Ya, aku pernah menuliskannya, aku tidak tahu di artikel mana, tapi yang jelas aku baru menyadarinya sekarang bahwa “yang terbaik” inilah yang namanya “keindahan dari sebuah kehidupan”.

Selain dari kisah sederhana di atas, ada sebuah kisah yang sangat menarik dan yang begitu indah dari kehidupan ini yang sering terjadi. Ya, sebenarnya tidak terlalu sering sih, maksudnya kadang-kadang dan itu sungguh cerita yang sangat indah.

Di suatu waktu tubuh ini drop dan apa yang dilakukan tidak lain ialah tidur. Sure, tidur adalah cara terbaik untuk mengatasi tubuh ini yang sedang drop dan tidak hanya itu saja, cerita indahnya ialah:

Ketika tubuh ini drop, sebagai anak rantau yang tinggal sendiri di sebuah kontrakkan, jika dropnya parah, maka selama waktu drop berusaha untuk tidak makan. Tentu, dan itu sangat-sangat indah dan ya, pelajaran yang sangat berarti.

Karena di posisi yang sama ketika drop-nya parah, tidak bisa berjalan untuk pergi mencari makan atau membeli sebuah makanan untuk dimakan. Jadi, ya solusi terbaik adalah tunggu sampai tubuh tidak drop. Jika sampai 2 atau 3 hari, maka selama itu juga harus ambil posisi bertahan untuk tidak makan.

Ya, asalkan minum air putih yang cukup dan sedikit manisan, teh mungkin or something like that.

Hal ini pernah terjadi ketika 14 Februari kemarin, tidak tahu karena rakus apa, tengah malam (“13 Feb 2020; 11:00 – 12:00”) makan salak dan akhirnya ketika pagi, tubuh langsung drop, aku tidak tahu efek sampingnya dari mana, mungkin karena lambung ini terlalu diberikan pekerjaan yang terlalu berat di waktu istirahatnya.

Ya, mungkin saja dan ketika itu terjadi, saat itulah aku merasakan gimana rasanya tidur dari pagi (“14 feb 2020”) sampai ketemu sore (“15 Feb 2020”) karena memang benar-benar drop.

Sure, itulah indahnya kehidupan dan itu benar-benar indah dan yang aku rasakan pada waktu itu. Saat dimana aku merasakan bedanya sakit di rumah orang tua dan di kontrakkan (“Ya, sebenarnya sering merasakannya sih, tentang pentingnya orang tua”), saat dimana aku tahu betapa pentingnya kesehatan dan masih banyak lagi.

Ya, semua itu adalah pelajaran dan indahnya itu ada dicerita “yang tidak diinginkan tapi terjadi”. Ya, kadang aku merasa bahwa aku harus menikmatinya, karena hal ini tidak akan pernah terjadi lagi. Ya, aku harus menikmati indahnya saat-saat yang tidak diinginkan tapi tetap terjadi dan itu sangat-sangat mengagumkan dan sangat-sangat indah.

Ya, keindahan yang tidak dapat aku lukiskan. Yah, mungkin itulah 2 dari sekian banyak cerita kehidupan yang memiliki kisah yang indah dan yang tidak dapat dituliskan disini, tapi diatas sudah mewakili semua yang ada.

Setidaknya aku tahu dan ketika aku baca kembali, aku bisa merasakan bagaimana indahnya cerita ini. Sekian dan salam untuk cerita atau catatan kehidupan ini.