Kekuatan Kepercayaan – Rahasia Kehidupan

Kali ini aku ingin menulis tentang Kepercayaan atau Percaya yang merupakan sebuah rahasia kehidupan, jika kita benar-benar percaya akan hal yang terkadang tidak dapat kita percayaai. Yah, inilah cerita yang aku alami ketika dalam mengerjakan project Skripsi.

Kekuatan Kepercayaan – Rahasia Kehidupan – Jakarta, 22 Juni 2017

Skripsi dan Skripsi adalah masa dimana kita yang terkadang kuliah tidak terlalu serius berubah 360 Derajat dari biasanya, karena bukan apa-apa, walaupun kita tidak serius memang dari awal, ketika kita telah sampai pada masa ini, maka kita pasti akan serius (kalau poject akhirnya kita sendiri yang ngerjain), bukan karena kita harus serius, akan tetapi karena kita harus bisa melangkah keluar dari lingkaran perkulihan ini, agar kita juga bisa berkembang dan menjadi sesuatu yang mungkin kita inginkan.

Hal yang menjadi permasalah utama ialah ketika kita harus menyelesaikan program yang kita inginkan, disatu sisi kita senang melakukannya, tapi disisi lain, kita memiliki kekosongan dalam pikiran kita yang sama sekali belum pernah kita isi dengan sesuatu yang mungkin akan membantu kita dalam menyelesaikan project akhir skripsi kita.

Itulah yang aku rasakan sekarang, saat dimana orang berkata bahwa:

“Kita harus menyelam sambil minum air”.

Katanya sih seperti itu, dan memang mungkin itulah yang terjadi, karena disatu waktu yang sama, selain kita harus menyelesaikan project akhir kita, kita juga harus belajar untuk mengetahui bagaiamana cara melakukannya, agar apa yang kita buat dapat selesai dan menjadi sesuatu yang mungkin dapat sesuai dengan yang kita harapkan.

Yah, itulah yan terjadi sekarang. Aku memiliki saat-saat seperti hari-hari kemarin dan hari sekarang, saat dimana aku harus menyelam sambil minum air, mungkin berat tapi kalau kita tahu bagaiaman cara untuk percaya, maka semuanya itu akan datang dengan sendirinya, tanpa kita sadari dan ketika kita telah melakukannya, maka disitulah kita akan sadar bahwa kita telah tahu sesuatu yang sama sekali tidak kita ketahui.

Kejadian ini bukan baru pertama dalam mengerjakan project skripsi ini, aku punya banyak sekali kisah tentang kekuatan dari kepercayaan, sebagian pernah kucatat dan mungkin disini aku akan membahas tentang kekuatan dari kepercayaan yang aku gunakan dalam mengerjakan project akhir ini.

Sebagai seorang yang harus belajar dan menyelesaikan project di waktu bersamaan, tentu ini tidak mudah, sungguh, ini sama sekali tidak mudah, karena ini bisa dibilang akan sedikit memaksakan otak untuk bekerja, tapi ada bagusnya, karena kita terkadang bisa langsung mengingatnya.

Beberapa waktu yang lalu, aku punya beberapa permasalahan, diantaranya:
– Masalah Pada array yang ketika di loop dan hasil loop-nya itu diambil dari database yang menghasilkan error
– Masalah mengirimkan pesan email dari php mvc
– Masalah Database tentang union, join dan semua tentang itu
– dan lain-lain

Setiap masalah punya ceritanya sendiri, aku tidak tahu bagaimana aku dapat menyelesaikannya, karena terkadang aku merasakan sebuah kesulitan ketika aku belajar, tapi disaat yang sama, aku berusaha untuk percaya bahwa semua pasti punya jalan, apapun itu pasti dapat terselesaikan.

Seiring berjalannya waktu, aku tidak tahu bisikan apa yang muncul atau dorongan apa yang datang dari kata hatiku untuk melakukan sesuatu agar masalahku dapat terselesaikan, tapi yang jelas aku sering mengikutinya.

Biasa ketika masalah ini datangnya malam, ketika besoknya aku kekampus, dalam perjalanan, banyak sekali bisikan yang datang dalam hati dan pikiran ini, katanya aku harus coba ini, aku harus coba itu, aku harus buat ini dan aku harus buat itu, akhirnya aku mengikuti mereka, aku bilang aku akan mencobanya ketika sampai di tempat dimana aku tinggal, dan ternyata benar, semua saran yang diberikan dari setiap permasalahanku pasti dapat terselesaikan.

Jujur, aku sungguh tidak tahu darimana datangnya bisikkan itu, yang mengajak aku, menyuruh aku, menasehati aku, menegur aku, terkadang sesekali memaki aku, membantu aku, dan masih banyak lagi, tapi yang jelas satu yang aku ketahui ialah aku tidak sendirian, aku percaya bahwa aku bisa, bukan aku pasti bisa, akan tetapi aku bisa.

Ketika aku percaya bahwa aku bisa melakukan sesuatu, aku tidak tahu darimana datangnya itu, tapi yang jelas aku selalu menerimanya. Aku pernah menulis sebuah quote yang benar-benar terjadi dalam hidupku, yaitu:

Aku tidak punya sebutir berlian, tapi disaat aku butuh, aku selalu menemukannya.

Mungkin seperti itulah kekuatan dari kepercayaan, karena kalau kita percaya, maka semuanya akan datang dengan sendirinya, tapi jika tidak sama sekali, maka kita harus lebih percaya lagi, karena intinya hanya satu:

Manakah yang baik bagimu? percaya pada Tuhan yang maha segalanya atau terjebak dan terkurung dalam ruangan sempit dari pikiranmu sendiri, yang mungkin sama sekali tidak dapat menghasilkan apa-apa buatmu.

Engkau ada karena IA ada, IA yang telah ada jauh sebelum engkau ada. jika langit dan bumi bisa jadi karena kekuasaan-NYA yang begitu besar, terlebih lagi dengan masalahmu yang begitu kecil.

Percayalah pada-NYA, sebab sama seperti kita manusia, jika seseorang percaya kepada kita, maka dengan sungguh-sungguh kita akan membantunya, jika kita bisa melakukannya, terlebih lagi IA yang Maha Baik dan memiliki segalanya, tentu IA akan dengan sangat senang membantu engkau yang adalah Umat kepunyaan-NYA.

Percayalah pada-NYA, pada Tuhan yang engkau Percayaai. Aku tahu engkau memiliki Tuhan, untuk itu berdoalah dan meminta pada-NYA, karena semuanya akan dimudahkan bagimu.

Itulah kisah kehidupanku, ketika aku percaya akan hal yang kecil, semua pasti dapat terselesaikan, mungkin bukan saatnya untuk hal yang besar, tapi terkadang kita akan mampu untuk melakukan hal yang besar jika kita telah berhasil atau melewati hal-hal yang kita anggap kecil.

Sekian dan salam buat catatan ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.