Tes Kerja Di PT. IDstar Cipta Teknologi

Kali ini aku ingin menulis catatan mengenai Test Kerja Di PT. IDstar Cipta Teknologi. Ini adalah kedua kalinya aku dites sebelum bekerja, dimana untuk yang pertama kalinya ialah Psikotes Kompas Gramedia dan ini yang kedua kalinya. Ya, inilah catatan yang sengaja ditulis sebagai sebuah cerita yang pernah terjadi dalam kehidupan ini tentang mencari sebuah pekerjaan.

Tes Kerja Di PT. IDstar Cipta Teknologi – Jakarta, 14 Mei 2018

2 Minggu kemarin, setelah mendapatkan telpon dari Kompas Gramedia, ternyata di minggu kemarin pula aku mendapatkan telpon untuk Tes sebelum bekerja di PT. IDStar Cipta Teknologi. Yah, aku sengaja mendaftar di banyak tempat untuk memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada, jika seadainya saja aku ditolak dari perusahaan yang satu, aku masih punya banyak tempat yang mungkin bisa menerimaku untuk bekerja di sana, sekalipun itu perbadingannya 1:100, ya tapi setidaknya aku akan tahu, mana tempat terbaik yang memang telah disediakan Tuhan untukku, telah dituliskan dalam takdirku. Yah, itulah yang aku pikirkan dan itulah alasan kenapa aku selalu berusaha dan terus merasa bersyukur.

Setelah mendapatkan telpon dari Perusahaan IDstar Cipta Teknologi, sama seperti biasa, mereka akan mengatakan Nama Perusahaannya, abis itu tanya nama kita dan posisi yang diambil. Jika telah selesai dan sama seperti yang mereka dapatkan, mereka akan mengatakan bahwa informasi lebih lanjut akan dikirim melalui alamat Email.

Yah, seperti itulah yang terjadi, hingga akhirnya aku mendapatkan pemberitahuan bahwa akan diadakan interview pada hari rabu atau jumat, tinggal pilih waktu mana yang diinginkan. Karena aku hari rabu ada Psiko Tes di Kompas Gramedia, jadi akhirnya aku putuskan untuk menetapkan hari jumat sebagai hari dimana aku pergi Ke PT. IDstar Cipta Teknologi untuk melakukan tes sebelum bekerja.

Di dalam email yang dikirimkan, terdapat lokasi tempat dimana Perusahaan tersebut berada. Ya, Perusahaan tersebut berada di Tebet – Jakarta Selatan, tepatnya di Wisma Staco.

Aku belum pernah ke sana, tapi setelah aku telusuri, ternyata tempat tersebut lumayan dekan dengan salah satu stasiun kereta api yang ada di sana, ia, itu adalah stasiun Tebet. Jadi, rutenya jika dihitung dari Kalideres, maka Rutenya itu seperti ini

Dari Stasiun Kalideres, naik kereta dan turun serta transit di stasiun Duri. Dari stasiun Duri, tinggal ikut aja kereta api arah Depok atau atau arah Bogor dan bisa langsung turun di Stasiun Tebet. Setelah sampai di Stasiun Tebet, tinggal naik angkot dengan nomor 44 (“Aku tidak tahu ini jurusan mana, tapi yang jelas pada bulan Mei 2018, nomor angkot ini lewat tepat di depan wisma Staco”) dan bayarnya ya kisaran 3 atau 4 ribu lah sekali jalan.

Setelah itu sampai deh di sana. Setelah sampai di wisma tersebut, lapor lagi ke bagian Resepsionis, untuk menukarkan KTP atau kartu Identitas lainnya dengan Kartu Pengunjung atau Visitor. Setelah itu baru tinggal naik Lift ke lantai 5, tempat test tersebut berada.

Sampai di sana aku langsung akrab dengan beberapa orang, mereka ada 3 orang dan semuanya dari kampus Gunadarma, hanya saja ada yang dari cabang Gunadarma yang lain. Ya, kalau mau dibilang kita yang paling asik di dalam ruangan tersebut, karena ya seperti itu, kita yang paling ribut.

Setelah itu tunggu beberapa saat sampai tepat jam 9, akhirnya tesnya pun dimulai.

Pertama: Tes Psikologi

Kedua: Test semacam Query SQL atau yang ada hubungannya dengan Database.

Karena kekuatan All Is Well, akhirnya tesnya ini open everything. Jadi, ya seperti itu. Setelah Tes selesai, Ibu Ayu hanya bilang bahwa yang bagian Programming nanti ada 2 kali tes lagi dan akan dihubungi jika tes yang pertama ini berhasil, begitupula dengan bagian yang kami ambil, hanya saja kami hanya tinggal tersisa 1 tes saja (“Itu juga kalau dipanggil”).

Yah, setelah selesai semuanya, kami berempat keluar dan berjalan sama-sama, karena hari itu kebetulan sekali hari jumat, jadi aku sama-sama dengan mereka pergi ke Masjid buat ibadah, aku tunggu ditempat makan dan mereka pergi beribadah. Setelah selesai semua, barulah kami pulang sama-sama.

Mungkin itu kisah untuk hari jumat kemarin (“Jakarta, 11 Mei 2018”), kisah untuk kali keduanya aku mengikuti Tes untuk masuk kerja. Mana yang memanggil aku pertama kali untuk kerja, maka itulah yang akan kuterima, tapi jika tidak ada yang memanggil sama sekali, maka ya sudah, mungkin itulah takdir yang telah digariskan untukku. Keep positive thinking dan tetap pada posisi All Is Well aja. Everything will be fine.

Hanya itu mungkin catatan untuk hari ini. Sekian dan salam buat catatan ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.