The Puzzle Of My Life

Hari ini aku ingin menulis sebuah catatan tentang sebuah teka-teki dari sebuah atau sesuatu yang namanya kehidupan. Ya, sebuah teka-teki kehidupan yang telah aku buat untuk kehidupanku sendiri. Sebuah teka-teki yang penuh dengan banyak tanda tanya. Tanda dari sebuah tanya.

The Puzzle Of My Life – Jakarta, 31 Agustus 2018

Aku punya banyak sekali teka-teki dalam kehidupanku ini. Ya, banyak sekali. Aku tidak tahu harus mulai dari mana untuk menceritakan tentang teka-teki kehidupan ini, tapi aku ingin menceritakan mana yang sebenarnya perlu untuk diceritakan. Ya, sebuah teka-teki dari sebuah kehidupan.

Awalnya aku tak pernah bermimpi untuk dapat memiliki teka-teki yang sebanyak ini. Awalnya memang seperti itu.

Seiring berjalannya waktu, takdir semakin terlihat dengan jelas, tentang apa yang akan terjadi atau apa yang memang harus terjadi. Ketika semua itu telah terjadi, hal tersebut mengajarkanku bagaimana cara untuk merancang sebuah teka-teki yang sama sekali tidak aku pikirkan sebelumnya, bahwa teka-teki yang akan kubuat ini merupakan sebuah teka-teki yang akan mengurungku hingga membuatku tak sebebas biasanya.

Seiring berjalannya waktu, teka-teki yang telah kubuat untuk kehidupanku sendiri semakin berantakan. Aku tidak tahu darimana aku harus merancangnya agar teka-teki ini dapat terpecahkan dan aku dapat kembali ke sebuah kehidupan yang normal seperti dimana semua memang pernah terjadi.

Setiap hari dan setiap hari, aku harus mencari jawaban dari semua teka-teki atau puzzle yang sama sekali tidak aku mengerti. Ya, itu sangat membuatku bingung, karena aku merancang sesuatu untuk hidupku sendiri, tapi aku tidak tahu, apa yang sebenarnya telah aku rancang atau yang telah kubuat.

Tak ada yang dapat aku salahkan ketika semua telah terjadi. Ya, karena memang seperti itulah yang telah aku rencanakan sebelumnya dan ketika semua telah terjadi, aku tidak harus dan tidak boleh menyalahkan apapun yang ada

Ya, mungkin itu adalah takdir yang sempurna untukku (“Mungkin”).

Ketika aku berdiri di waktu sekarang, aku merasakan bahwa waktunya telah tiba. Waktu dimana aku telah menemukan bagian-bagian dari teka-teki yang dulu pernah hilang dan yang sulit untuk aku temukan. Ya, sekarang aku rasa aku sudah menemukannya satu per satu secara perlahan.

Jika bisa dibilang, mungkin ini adalah bagian dari sesuatu yang namanya “Perlahan tapi Pasti”.

Ya, aku rasa aku sudah mulai kembali ke dalam kehidupanku yang normal. Aku merasa bahwa ketika aku hilang di waktu sebelumnya, semuanya itu ternyata memiliki alasan. Ya, karena ketika aku kembali dan menemukan jati diriku lagi, yang kubawa itu sangat banyak, diantaranya ialah:

  • Jati diriku sendiri
  • Kesabaran
  • Ketegaran,
  • Dan semua tentang itu.

Aku rasa aku telah memiliki apa yang sebelumnya tidak aku miliki. Aku bersyukur, karena aku telah membuat sebuah teka-teki dari sebuah kehidupan yang tak sempurna ini dan yang telah membuatku tak dapat untuk menjawabnya, tapi jawaban itu datang dengan sendirinya dan ketika semua telah terselesaikan, aku tidak pulang dengan tangan atau harapan yang kosong.

Ya, karena selalu ada harapan dan semua tentang itu yang dapat kubawa kemanapun ku pergi. Baik untuk saat ini atau untuk saat-saat yang akan datang.

Mungkin itu dulu untuk hari ini tentang The Puzzle Of Life. Aku tidak tahu harus melanjutkan cerita ini kemana, jadi cukup aja sampai disini. Akan aku lanjutkan dikemudian hari, tepat pada saat dimana semua Puzzle dari kehidupan ini telah terkumpul dengan sempurna (“Jakarta, 1 Januari 2019”).

Sekian dan salam untuk catatan kehidupan ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.