Sampai Jumpa 2020

Kali ini aku ingin menuliskan catatan “Sampai Jumpa 2020”, sama seperti biasa, sebagai catatan akhir tahun, jadi ya inilah catatan tersebut.

Sampai Jumpa 2020 – Jakarta, 31 Desember 2020; 23:59

Sampai jumpa kembali tahun 2020 di lain kehidupan yang akan datang atau di lain waktu apabila aku sudah tahu cara untuk menjelajah waktu dan/atau mungkin apabila waktu dapat diputar kembali, aku akan mencoba untuk berjalan kembali diantaramu.

Aku tahu dan aku sadar, engkaupun begitu, bahwa ketika berada diantaramu, kehidupan berjalan serasa begitu lebih cepat dari biasanya, lebih berat dari sebelumnya dan ya, sedikit ada lebihnya, walaupun belum mampu untuk merebahkan tubuh yang tak berisi ini.

But, aku sadar bahwa waktu yang telah memberikan aku dapat melewatimu, mengajarkan banyak hal yang tidak dapat aku tuliskan satu persatu, tapi buku kehidupan akan selalu mencatatnya, serasa ingin membukanya dan melihat serta membaca semua cerita di dalamnya.

Terima kasih untuk pelajaran yang begitu berarti, terima kasih karena telah membuat aku belajar lebih dari kehidupan yang sedikit berbeda ini.

Walaupun aku tidak begitu memanfaatkan waktu bersamamu ketika melewatimu, tapi itulah yang diajarkan waktu dan yang dapat aku tuliskan.

Maafkan aku karena aku telah mengotori hari-harimu dengan perbuatanku, pikiranku, tingkahlakuku dan sifatku yang kotor.

Maafkan aku untuk semuanya, semoga engkau menemukan kehidupan yang dapat memberikan dan meninggalkan jejak yang indah bak pelangi yang terlukis di birunya langit ketika melewatimu.

Semoga TUHAN YANG MAHA SEGALANYA menghidupkan kehidupan yang lain, yang lebih berarti dari kehidupan yang sekarang, kehidupan dari sebuah kehidupan, kehidupan yang diberikan kepada yang pantas mendapatkannya, sehingga engkau dapat bertemu dan meninggalkannya dalam senyuman.

Oh iya, sebelum aku mengakhirinya, jika engkau menemukan kehidupan yang lain dan yang mungkin akan datang menyapamu, setelah aku meninggalkanmu, ceritakanlah ceritaku padanya, bahwa betapa buruknya kehidupan yang telah pergi ini.

Ceritakanlah semua kejelekanku padanya dan titipkan juga salamku padanya, bahwa “ia begitu berarti”.

Katakanlah juga padanya bahwa jika ia dapat melukiskan cerita yang indah ketika berada diantaramu, maka TUAN yang juga telah menjadikannya akan sangat bangga memilikinya.

Ya, mungkin itu saja catatanku yang terakhir untukmu dan untuk kehidupan yang lain(“jika ada kehidupan yang lain yang diciptakan oleh TUANku”).

Sekali lagi terima kasih untuk segalanya. Sekian dan salam untukmu 2020.